Selasa, 13 Desember 2016

Metode Electre




METODE ELECTRE
(KASUS PEMILIHAN KARTU SELULER)

Menurut Janko dan Bernoider (2005:11), ELECTRE merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria berdasarkan pada konsep outranking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai.

Metode ELECTRE digunakan pada kondisi di mana alternatif yang sesuai dapat dihasilkan. Dengan kata lain, ELECTRE digunakan untuk kasus-kasus dengan banyak alternatif namun hanya sedikit kriteria yang dilibatkan.

Analisa
         Di Politeknik Negeri Tanah Laut, mayoritas mahasiswa nya memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi baik dengan dosen, teman, maupun keluarga terutama menggunakan Handphone atau telepon seluler. Mahasiswa pun ditawarkan dengan berbagai jenis kartu seluler. Namun, mahasiswa masih bingung untuk memilih kartu seluler mana yang bagus untuk digunakan di wilyah kampus. Oleh karena itu, agar mahasiswa politala bisa memilih kartu seluler yang bagus, kami melakukan survei dan memecahkan masalah memilih kartu seluler ini dengan Metode Electre.

         Contoh Soal Metode Electre
Pemilihan untuk pembelian kartu SIM Card HP yang khusus digunakan untuk di area kampus, dengan Melakukan Survei atau Mengambil Sampel data pada 7 orang mahasiswa di area kampus Politeknik Negeri Tanah Laut. Dimana beberapa mahasiswa ingin membeli kartu HP atau SIM Card  dengan 4 alternatif yang ditawarkan oleh provider yaitu :
1.      Telkomsel,
2.      Indosat,
3.      XL,
4.      3 (Tri),
Dengan kriteria yang dimiliki dari setiap alternatif yaitu :
1.      Jaringan (C1)
2.      Harga kartu (C2)
3.      Paket nelpon (C3)
4.      Paket sms (C4)
5.      Paket internet (C5)
Dengan Bobot yang dimiliki oleh masing – masing kriteria yaitu :
Bobot C1 = 5
Bobot C2 = 2
Bobot C3 = 3
Bobot C4 = 2
Bobot C5 = 5

        Data Yang Diperoleh
Alternatif
Kriteria
C1
C2
C3
C4
C5
Telkomsel
5
3
3
3
2
Indosat
4
4
3
4
4
XL
4
4
3
3
4
3 (Tree)
2
4
3
3
4

Dengan bobot yang dimiliki dari masing – masing kriteria adalah sebagai berikut :
W = ( 5, 2, 3, 2, 5)

Mau tau selengkap nya Download file dibawah ini....😃


[Download]Contoh Laporan Metode Electre.pdf
[Donwload]Cara Hitung Metode Electre.exel






























3 komentar:

  1. Terimakasih banyak. sangat membantu saya menyelesaikan tugas kuliah SPK. semoga segala urusan anda dimudahkan oleh Allah SWT. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. trima kasih informasinya, namun saya mohon penjelasan rinci dalam penentuan concordance dan discordance index... Terima kasih

    BalasHapus